Belajar Dari Yang Tak Terlihat

Posted: July 13, 2013 in Life

Benih itu akhirnya muncul, tumbuh dari balik tanah. Ia masih begitu kecil seperti bayi yang baru lahir. Sementara orang melihatnya tumbuh ke atas, di bawah sang akar bekerja keras untuk mencari sari-sari makanan agar tunas kecil itu dapat terus tumbuh dan tumbuh.

Akar mulai menjalar ke sana ke mari, asalkan didapatinya air dan makanan. Ia meliuk-liukkan dirinya, menerobos lapisan tanah dan bebatuan, supaya tanaman yang disangganya dapat terus bertahan. Semakin tanaman itu bertumbuh semakin tinggi dan besar, semakin besar pula usaha akar untuk menopang dan mencari makanan ke dalam tanah.

Ketika tanaman kecil tadi sudah berubah menjadi pohon, dengan daun-daun yang hijau nan lebat, bunga-bunga yang sesekali bermekaran pada musim-musimnya, dan ranting-ranting yang dipenuhi dengan buah yang lezat, orang yang duduk di bawahnya dan menikmati serta memakan buahnya memuji-muji pohon itu. Mereka merasakan kesejukan, keindahan, dan merasa puas dengan buahnya yang manis.

Di sisi lain, tidak ada satu orangpun yang memuji akar. Sekalipun akar sudah bekerja keras sehingga dihasilkanlah pohon yang indah dan subur tadi, tapi ia tetap tidak terlihat. Ia tetap meluaskan jari-jarinya agar pohon itu tetap berdiri dengan sehat, kuat, dan megah. Ia tidak merasa tersinggung karena tidak diingat orang ataupun mendapat pujian. Di tempat yang tersembunyi, akar memberikan ketulusan dan kerendahan hati kepada batang, dahan, daun, bunga, dan buah pohon yang dapat menikmati keindahan dan cahaya di luar gelapnya tanah.

Note:
Kita dapat belajar tentang ketulusan dan kerendahan hati layaknya akar sebuah pohon, yang bersedia melakukan segala sesuatu tanpa mengharap pamrih dan pujian. Kita mengerjakan bagian kita dengan sebaik-baiknya, walaupun tidak ada atasan, karena kita tahu bahwa meski orang tidak mengingat ataupun menghargainya, ada Tuhan yang melihat dan memberikan imbalan.

Segala sesuatu pasti mempunyai tujuannya masing-masing…

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s