Setia Pada Perkara Yang Kecil

Posted: March 17, 2014 in Life, Note, Real Story, Religion

Secara kreatif & aktif, Allah terlibat dalam perkembangan kehidupan manusia. Ia sendiri memperhatikan seorang bayi sejak di dalam kandungan; perhatian-Nya kepada janin itu berlangsung sampai membuat rencana bagi kehidupannya kelak. Allah tidak memasukkan kita ke dalam hidup ini tanpa tujuan.

“Sekalipun saya tahu besok dunia akan hancur berkeping², saya akan tetap menanam pohon apel kecil saya & melunasi hutang saya,” kata Martin Luther.
St. Francis dari Assisi ternyata juga memiliki sikap yang serupa. Ia sedang memangkas tanaman di kebunnya ketika seseorang bertanya kepadanya; “Apa yang akan dilakukannya seandainya ia tahu bahwa nanti sore ia akan meninggal!?”. Ia menjawab, “Saya akan terus memangkas kebun sampai selesai.”

Terus terang kita mungkin heran menyimak sikap dua tokoh di atas. Terasa kurang “Cocok” bagi tokoh sekaliber mereka. Jawaban yang diberikan terasa begitu sangat sederhana. Namun, justru dari kesederhanaan itulah muncul pelajaran yang sangat berharga tentang “Kesetiaan”.

Bagi Luther & St. Francis, mungkin rutinitas sehari² adalah tugas ilahi. Tugas yang sakral. Perhatian mereka tidak ditujukan terutama pada apa yang mereka kerjakan. Hal yang tampak remeh seperti mengurus tanaman pun bernilai, sehingga mereka akan tetap setia melakukannya sampai mati. Mengapa?

Mereka mempertimbangkan untuk siapa mereka melakukannya dan memandang diri mereka sebagai hamba Tuhan, maka mereka terus melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan, bukan untuk manusia. Tuhan memakai segala hal untuk membentuk kita mulai dari hal² yang kecil, yang dapat kita temui setiap hari.

KEPUASAN SEJATI BUKANLAH MEMILIKI SEGALANYA, MELAINKAN PUAS DENGAN SEGALA YANG KITA MILIKI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s